Senin, 18 September 2017

Berwisata ke Kalijodo, Ini Ragam Kegiatan yang Bisa Anda Coba

Pusat Berita Indonesia - Berita Hot - Kalijodo sekarang semakin atraktif, selain perubahan drastisnya dari kawasan prostitusi ke Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo, kini semakin banyak permainan yang dibuka oleh warga.


Taman dengan skate park terbesar di Jakarta ini berlokasi di Jalan Kepanduan II, Kelurahan Angke, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat. Menempati luas lahan sekitar 1,4 hektar, tentunya tersedia banyak sekali ruang untuk dimanfaatkan.

Kini ada banyak permainan selain skateboard yang bisa dinikmati anak hingga dewasa.

1. Sakateboard, BMX, dan sepatu roda

Sakateboard, BMX, dan sepatu roda, ketiganya tentu bisa dimainkan di skate park besar ini. Beberapa lekukan, tanjakan, kelokan dinilai cukup memadai oleh para skaters.

"Sudah layak, standarnya bagus lah komplet buat beberapa teknik main skate bisa di sini," ujar Fandi, salah satu pehobi skateboard yang cukuprutin bermain di Kalijodo.

Untuk Anda yang datang tanpa membawa papan skate atau sepatu roda, Anda bisa menyewanya mulai sore hari. Di sisi skatepark ada penyewaan papan skate, sekitar Rp 25.000 hingga Rp 35.000 sesuai besarnya.

2. Motor trail listrik dan skuter listrik

Adanya jalan kecil yang mengelilingi taman ini dimanfaatkan masyarakat menyewakan motor listrik yang bisa digunakan anak kecil. Motor listrik tersebut berwujud motor trail dan skuter listrik.
"Disewain Rp 20.000 per 15 menit buat skuter listrik, kalau yang motor trail Rp 20.000 per 10 menit, untuk anak sampai umur 15 tahun mungkin ya, tergantung bobotnya sih," ujar Kiki, penjaga penyewaan motor listrik tersebut.

3. Becak-becak kecil

Menggowes sepeda mungkin sudah biasa untuk anak Anda. Bagaimana jika berputar-putar Kalijodo dengan menggunakan becak mini?
Becak yang sudah dihias dengan sedemikian apik, berukuran tinggi satu meter, ada juga yang hanya 80 centimeter.

"Bisa untuk tiga orang anak kecil, yang gowes satu yang naik dua," ujar Jaya, penjaga penyewaan becak mini tersebut.

Ia menyewakannya dengan tarif Rp 20.000 tiap 20 menit, untuk kedua ukurannya.


BACA: Pusat Info Online | Rumah Berita Hot | Pusat Cerita Sex | Pusat Info Indonesia

4. Komedi putar, kereta anak, dan bianglala

Ragam permainan anak seperti di wahana taman rekreasi pun ada di Kalijodo. Hanya memang ini buatan masyarakat, yang dikelola oleh beberapa orang saja.

Anda bisa menemani anak untuk naik kereta-keretaan dengan tarif Rp 10.000 untuk beberapa putaran. Sedangkan untuk bianglala hanya bisa dinaiki anaknya saja, dengan tarif Rp 10.000 juga.

5. Flying Fox

Ada hal baru yang tidak lama lagi bisa dicoba wisatawan. Yaitu wahana flying fox sepanjang 50 meter. Namun, hingga informasi ini dihimpun, Sabtu (16/9/2017) wahana tersebut masih dalam proses uji coba.

6. Mobil gowes untuk dewasa

Bagi wisatawan dewasa, tenang, Anda masih bisa menikmati indahnya Kalijodo di sore hari. Selain dengan bermain di skatepark bagi yang berani, juga bisa menyewa mobil gowes seperti yang ada di Alun-alun kota-kota di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.
Mobil gowes ini disewakan mulai pukul 15.00 hingga malam hari, dengan tarif Rp 30.000 untuk tiga kali putaran di Kalijodo.

7. Berfoto dengan ragam karakter

Mulai sore hari dari pantauan KompasTravel, hadir beberapa badut dengan karakter unik, seperti Doraemon, hingga hantu Kuntilanak. Anda bebas berswafoto dengan karakter-karakter tersebut, dengan membayar seikhlasnya.

"Kalijodo ramainya sore ke malam. Kalau malam Minggu sampai ngantre yang mau nyewa mainan. Nanti habis maghrib mulai padat biasanya," kata Kiki kepada KompasTravel, saat berkunjung dalam tur 'Wisata Warisan Ahok' bersama Jakarta Food Traveler, Sabtu (16/9/2017).

Selain menikmati ragam aktivitas tersebut, Anda juga bisa menikmati ragam kuliner di Sentra Kuliner Kalijodo yang berada tak jauh dari jejeran permainan anak.

sumber: kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.